Selasa, 14 Mei 2013

Pemprov Jabar Segera Terbitkan Pergub Tonase Kendaraan


JABAR_BARAKINDO- Untuk mengatasi kerusakan jalan akibat tonase kendaraan yang berlebihan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) berencana segera menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub).

Hal itu ditegaskan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan kepada wartawan usai melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi di Gedung Anton Sudjarwo, Setukpa Polri, Kota Sukabumi, Senin (13/5) kemarin.
Menurut Heryawan, ada tiga faktor yang menyebabkan kerusakan jalan, yakni curah hujan yang cukup tinggi, tonase kendaraan yang berlebih, dan pengaspalan yang dilakukan pada saat musim hujan.
“Untuk memelihara usia jalan sekaligus mengantisipasi kerusakan jalan yang disebabkan oleh kendaraan yang bermuatan lebih, kami akan segera menerbitkan Peraturan Gubernur,” katanya.
Sementara ditanya soal penanganan sejumlah ruas jalan nasional seperti diwilayah Sukabumi dan Cianjur, Heryawan menjamin kondisi jalan nasional yang rusak akan segera diperbaiki. "Semula kami berharap pekerjaan jalan Sukabumi-Cianjur dapat diselesaikan dalam satu minggu. Namun karena dana pemeliharaan dari Kementerian PU sudah habis, maka pekerjaan lanjutan menunggu anggaran kontraktual," ujar Heryawan.
Heryawan juga menjelaskan, jika anggaran pemeliharaan habis lantaran jumlah kerusakan jalan yang tidak sebanding dengan anggaran yang ada. Karenanya, pemerintah pusat melalui Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah I Provinsi Jabar dibawah Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) IV (Jabar, DKI Jakarta dan Banten), Kementerian Pekerjaaan Umum (PU), masih menunggu proses tender untuk perbaikan jalan tersebut.
Perbaikan jalan tersebut, lanjutnya, sudah pasti akan dilakukan pada TA 2013 ini. Namun waktu pengerjaaanya belum ditetapkan. (Redaksi)*

0 komentar:

Berita Populer

Kolom Iklan


Total Tayangan Halaman

Pengunjung Danil Barak

free webpage hit counter